Kamis, 22 November 2012

Provokator Konflik Lampung Selatan Ditangkap

Provokator Konflik Lampung Selatan Ditangkap

Tri Purna Jaya - Okezone
Jum'at, 23 November 2012 10:50 wib
Ilustrasi penangkapan
Ilustrasi penangkapan
LAMPUNG- Polda Lampung menahan satu orang tersangka berinisial ZA yang diduga menjadi provokator konflik antarwarga di Lampung Selatan. Dia ditangkap pada Kamis 22 November dini hari di daerah pelabuhan Panjang, Bandar Lampung.

"Tersangka diduga kuat melakukan penghasutan dan provokasi terhadap warga pada konflik di Lampung Selatan tempo hari," terang Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih melalui pesan singkat kepada Okezone.

Menurut Sulistyaningsih, dugaan ZA sebagai provokator konflik yang mengakibatkan 12 orang meninggal dunia itu berdasarkan keterangan dari 53 orang saksi yang sudah diperiksa Polda Lampung. Mereka mengatakan tersangka sempat terlihat menghasut beberapa warga.

"Dari keterangan para saksi, dugaan kuat mengarah kepada tersangka ZA yang melakukan penghasutan," ujarnya.

Lebih lanjut Sulistyaningsih menerangkan, meski warga desa Agom dan Balinuraga sudah melakukan deklarasi damai serta dalam perjanjian damai menyebutkan tidak akan ada langkah hukum yang diambil terkait konflik itu, Kepolisian tetap akan melakukan proses hukum.

“Kepolisian tidak hanya mendalami pelaku pembunuhan, tapi juga seluruh tindak pidana yang terjadi ketika kerusuhan terjadi. Seperti, pidana pengerusakan dan penjarahan,” kata Sulis.

Seperti diketahui, konflik antara desa Agom dan Balinuraga di Lampung Selatan yang terjadi pada Oktober lalu mengakibatkan 12 orang meninggal dunia dan ratusan rumah di bakar massa.
(kem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar