Kamis, 22 November 2012

Kemensos Segera Bangun Kampung Siaga di Baleendah


Kemensos Segera Bangun Kampung Siaga di Baleendah

Fahmi Firdaus - Okezone
Jum'at, 23 November 2012 08:58 wib
Ilustrasi (Foto: okezone)
Ilustrasi (Foto: okezone)
JAKARTA- Kementerian Sosial akan membuat  kampung siaga bencana di wilayah yang sering menjadi langganan banjir. Salah satunya di Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.  Kampung siaga bencana tersebut nantinya akan digunakan sebagai upaya mengatasi bencana.

“Kampung siaga bencana ini sebagai bagian konsep preventif mengatasi bencana yang sering melanda pemukiman warga di Baleendah. Pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan bencana sangatlah penting, mulai dari tahap kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pasca bencana, masyarakat harus siap dan terdepan dalam kegiatan penanggulangan bencana,” kata Direktur jenderal Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kementerian Sosial, Andi ZA Dulung, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (23/11/2012)

Menurutnya kampung siaga bencana tersebut akan dibangun tahun depan. ''Semoga tahun depan, Insya Allah sudah ada,'' imbuhnya.

Menurutnya , upaya preventif tersebut adalah salah satu solusi dalam mengatasi masalah yang setiap tahun selalu berulang dialami warga setempat. Relokasi warga dari pemukiman  bisa menjadi solusi.

''Baleendah ini kan sudah menjadi langganan bencana. Perlu ada solusi jangka panjang dan jangka pendek. Untuk jangka panjang adalah relokasi atau ada penyelesaian secara rekayasa,'' katanya.

Kendati demikian bukanlah hal yang mudah untuk melakukan relokasi tersebut.

 ''Tapi kalau melihat kontur yang ada di sana, relokasi dengan menjauhkan orang dari bencana bisa menjadi sebuah pilihan," ungkapnya lagi.

Wewenang  Kementerian Sosial, yang bisa dilakukan adalah memberikan sosialisasi kepada warga yang wilayahnya tertimpa musibah bencana alam.

“Yang dibutuhkan sekarang saat ini adalah tindakan preventif sehingga ketika terjadi bencana kerugian yang ditimbulkan bisa minimal,'' pungkasnya.
(crl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar