Kamis, 22 November 2012

2 Ribu Buruh akan Geruduk Kedubes Malaysia


2 Ribu Buruh akan Geruduk Kedubes Malaysia

Tri Kurniawan - Okezone
Kamis, 22 November 2012 15:47 wib
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
JAKARTA - Sekira dua ribu buruh sore ini akan menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Kedutaan Malaysia, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Mereka menuntut agar kasus yang mendera Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dituntaskan.

Massa tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI), sedianya akan menggelar unjuk rasa pukul 02.00 WIB, namun hingga saat ini belum nampak ada di depan Kedubes Malaysia. Baru beberapa orang saja yang sudah tiba di depan Kedubes Malaysia.

"Kami mengecam pemerintahan Malaysia yang melakukan pembiaran terhadap pelanggaran HAM pekerja migran Indonesia yang ada di Indonesia," kata Koordinator dari Jaringan Advokasi Revisi UU Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja, Nurus S Mufidah kepada Okezone di depan Kedubes Malaysia, Kamis (22/11/2012).

Mereka juga menuntut pemerintah Malaysia, melakukan proses hukum seadil-adilnya terhadap pelaku pemerkosaan terhadap TKI yang merupakan aparat.

"Kami tergabung dalam komite aksi pekerja rumah tangga dan buruh migran yang ada di dalam naungan MPBI kecewa dengan pembebasan pelaku pemerkosaan dengan tebusan 25.000 ringgit," tegasnya.

Pantauan Okezone di depan Kedubes Malaysia, ratusan aparat kepolisian sudah siaga sejak pukul 09.00 WIB. Arus lalu lintas di Jalan Rasuna Said macet parah meski unjuk rasa belum digelar. Pasalnya, banyak kendaraan kepolisian yang parkir di badan jalan. Kemacetan sudah mengular hingga Mampang, Casablanca, dan Jalan Gatot Subroto.

Aksi buruh yang kemungkinan baru akan dimulai sekira pukul 15.30 WIB dikhawatirkan akan menambah parah kemacetan arus lalu lintas karena bertepatan dengan jam pulang kerja.

(ydh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar