Kamis, 22 November 2012

cermati pekerjaan pengasuh demi si kecil

Cermati Pekerjaan Pengasuh Demi Si Kecil
Jumat, 23 November 2012 | 09:33 WIB
Dibaca: 646
Komentar: 1
|
Share:
Dari pakaian kotor yang dicuci pengasuh, Anda bisa tahu apakah kebutuhan makan si kecil telah terpenuhi atau tidak.
Artikel Terkait:
  • 2 Langkah Tepat Mencari Pengasuh
  • Agar Harmonis dengan Pengasuh Anak
  • Bentuk Dukungan Ayah terhadap Ibu Menyusui
  • Ibu Juga Bisa Menghambat Kedekatan Ayah dan Anak
KOMPAS.com - Orangtua bisa mengetahui apakah keadaan bayinya baik saat ditinggal bersama pengasuh, dengan cara mencermati juga mengontrol pekerjaan harian si pengasuh. Dari caranya menangani baju kotor hingga merawat bayi, Anda bisa tahu seperti apa kondisi bayi dalam pengasuhannya. Apakah si kecil mendapatkan asupan ASI atau MPASI yang cukup? Apakah si kecil dirawat dengan baik?

Dengan kata lain, saat mengontrol tugas harian pengasuh, Anda bisa mengetahui kualitasnya sekaligus mencari tahu apakah semua kebutuhan si kecil terpenuhi selama tidak berada dalam jangkauan Anda.

Anda dapat mengamati baju kotor bayi yang dikumpulkan pengasuh di tempat khusus. Umumnya, perlengkapan bayi tidak dicampur dengan baju lain, sehingga dapat diketahui dalam satu hari berapa popok atau celana yang telah digunakan. Celana atau popok berhubungan dengan jumlah BAB atau BAK si kecil. Kalau BAK atau BAB kurang, petanda si kecil kurang mendapatkan ASI dan MPASI.

Cermati pula bajunya atau slobber untuk mengetahui apakah hari ini MPASI yang diberikan sesuai yakni sebanyak dua kali sehari. Umumnya, slobber selalu ganti setiap kali makan.

Khusus untuk mengontrol, apakah bayi terjatuh atau terluka, cobalah amati sekujur tubuh bayi ketika akan membersihkan bayi menjelang tidur malam. Sambil membersihkan dan menggantikan baju bayi dengan baju tidurnya, amati, apakah ada perubahan atau tanda tubuh si bayi memar atau yang lainnya.

(Tabloid Nakita/Utami Sri Rahayu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar