Kamis, 17 Januari 2013

Sore Ini, Jabodetabek Masih Berpotensi Hujan Lebat




— Wilayah Jabodetabek masih berpotensi diguyur hujan sampai Kamis (17/1/2013) sore hingga petang. Demikian pantauan citra radar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terakhir pada pukul 14.30 WIB.

"Terjadi peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek, yang berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada pukul 15.30," kata Soepriyo, Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Adapun wilayah Jabodetabek yang berpotensi diguyur hujan kembali adalah Cengkareng, Pluit, Muara Angke, Kapuk, Ancol, Tanjung Priok, Slipi, Grogol, Palmerah, Senayan, Tanah Abang, Kebayoran, Bintaro, Pamulang, Pondok Cabe, Ragunan, Jagakarsa, Cikini, Menteng, Senen, Pulo Gadung, Rawamangun, Bekasi, Pondok Gede, Depok, Sawangan, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 17.30 WIB dan meluas menyeluruh ke wilayah Jabodetabek dan sekitarnya," kata Soepriyo lewat pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis ini.

Sebelumnya dipaparkan bahwa peningkatan pembentukan awan hujan terkait dengan pertemuan arus udara dari belahan utara dan selatan (konvergensi angin). Awan hujan terbentuk di barat Sumatera, memanjang hingga selatan Jawa dan Nusa Tenggara. Jabodetabek adalah salah satu wilayah yang terdampak aktivitas meteorologi ini.

Lewat akun Twitter-nya, BMKG mengajak masyarakat untuk waspada beberapa hari ke depan. "Waspada untuk 1-3 hari ke depan terdeteksi adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian besar Jawa," demikian pernyataan BMKG.
Editor :
yunan








Tidak ada komentar:

Posting Komentar