Sabtu, 26 Januari 2013

Mencegah Penyakit Kanker (Penyakit Membahayakan)


BIasakanlah mengatur Pola Hidup Sehat sejak dini. Dalam pola hidup sehat yang pertama akan saya informasikan sedikit mengenai "Cara Mencegah Penyakit kanker". Belakangan ini terutama di negara-negara maju, sudah banyak orang yang menerapkan prilaku hidup sehat seiring dengan gerakan pencegahan kanker.

Berikut di bawah ini langkah-langkah yang di anjurkan untuk mencegah timbulnya kanker dengan cara hidup sehat, berikut di bawah ini :

a). Makan banyak sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian seperti tempe, tahu, dan makanan yang banyak mengandung serat. Paling tidak satu atau dua kali sehari mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.

b). Hindari berat badan berlebihan atau kegemukan. Timbanglah berat badan 1 kali seminggu. Penelitian menunjukkan akibat kegemukkan, resiko terjadinya kanker lebih besar khususnya kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, serta kandung empedu.

c). Kurangi terlalu banyak makanan gorengan dan juga yang mengandung protein dan lemak tinggi serta jeroan.

d). Batasi makanan yang di olah dengan suhu tinggi dan lama atau dengan pengolahan tertentu yang dapat menimbulkan prokarsinogen seperti makanan yang di asinkan, di asap, di bakar, di panggang sampai keluar arang (gosong). Yang terbaik adalah makanan yang di rebus.

e). Hati-hati dengan penggunaan pemanis buatan, pewarna makanan serta zat pengawet yang berlebihan. Makanan terbaik adalah makanan segar.

f). Makanan di jaga kebersihannya, beraneka ragam, dan bebas dari zat cemaran lingkungan.

g). Sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan juga merokok, sedapat mungkin tinggalkan saja alkohol dan merokok.

h). Kegiatan fisik dengan olah raga secara teratur di sertai kesehatan mental dan rohani merupakan bagian terpadu dalam upaya pencegahan penyakit kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar