Kamis, 10 Januari 2013

Usai Bertarung, Obama-Romney Makan Siang Bersama

Usai Bertarung, Obama-Romney Makan Siang Bersama

Fajar Nugraha
Jum'at, 30 November 2012 16:03 wib
Romney saat bertemu dengan Obama di Gedung Putih (Foto: The White House)
Romney saat bertemu dengan Obama di Gedung Putih (Foto: The White House)
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan mantan rivalnya dalam perburuan Pemilu Presiden AS 2012, Mitt Romney, kembali bertemu. Tetapi keduanya kali bertemu dalam situasi yang lebih bersahabat, dengan melakukan makan siang bersama.

Keduanya bertemu di Gedung Putih pada Kamis 29 November kemarin, tepat di saat AS tengah dipusingkan dengan penantian keputusan diakuinya status keanggotaan baru Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kedua politisi ternama AS ini seperti melupakan sejenak rivalitas mereka sejak pilpres lalu yang dimenangkan oleh Obama.

Menurut pihak Gedung Putih, Obama dan Romney menyantap chili kalkun dan ayam bakar yang disertai salad. Mereka menyantap makan siang di ruang makan yang berseberangan dengan ruang Oval di Gedung Putih.

Kunjungan Romney ini dilangsungkan dengan amat rahasia dan Romney dikawal ketat sejak masuk ke Gedung Putih hingga bertemu langsung dengan Obama. Makan siang yang dilakukan dengan suasana bersahabat ini, berlangsung selama hampir lebih dari satu jam. Dan kedua tokoh itu sempat berfoto bersama di depan meja kerja Obama di Ruang Oval.

"Romney sempat mengucapkan selamat kepada Obama atas kampanyenya yang sukses. Dia pun mendoakan akan masa jabatan empat tahunnya akan berlangsung lancar," pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip Associated Press, Jumat (30/11/2012).

Makan siang ini menurut Gedung Putih juga disertai dengan diskusi ringan mengenai apa yang tengah terjadi saat ini di Amerika dan dunia.

"Fokus dari pembicaraan mereka adalah kepemimpinan Amerika di dunia dan pentingnya menjaga kepemimpinan itu di masa depan. Mereka berjanji akan selalu berhubungan, khususnya bila ada kesempatan untuk bekerja sama," lanjut pernyataan Gedung Putih.

Hal ini pun dibenarkan oleh juru bicara Gedung Putih Jay Carney, yang menyebutkan bahwa Presiden Obama tertarik atas beberapa ide Romney. Keduanya juga saling berbagi pengalamannya di saat kampanye lalu.
(faj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar