Selasa, 08 Januari 2013

Dahlan Pernah Malu Pakai Mobil Listrik

Dahlan Pernah Malu Pakai Mobil Listrik
Selasa, 8 Januari 2013 | 17:08 WIB
Dibaca: 1036
|
Share:
Dahlan Pernah Malu Pakai Mobil ListrikKOMPAS/SRI REJEKIMobil listrik Tucuxi milik Menteri BUMN Dahlan Iskan mulai melaju seusai menjalani ritual tolak bala di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (5/1/2013). Mobil listrik ini dikemudikan langsung oleh Dahlan Iskan untuk uji kendara 1.000 kilometer dengan tahap awal menempuh rute Solo-Magetan.

TERKAIT:
  • Ini Alasan Dahlan Uji Tucuxi di Pegunungan
  • Rem "Ferrari" Dimodifikasi, Ini Tanggapan Dahlan
  • Dahlan: Saya Rela Dijadikan Bahan Percontohan
  • Dahlan Sekali Lagi Bantah Curi Teknologi Mobil
  • Dahlan Iskan Diminta Tinggalkan Politik Panggung
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan pernah merasa malu saat memakai mobil listrik ini. Sebab, Dahlan dianggap hanya sok gaya-gayaan dan penuh pencitraan. "Kalau soal malu, saya pernah merasa malu sekali (memakai mobil listrik ini)," kata Dahlan saat konferensi pers di Gallery Cafe di Jakarta, Selasa (8/1/2013).
Pertama, Dahlan mencoba mobil listrik buatan Dasep Ahmadi (yang berwarna hijau). Saat itu, Dahlan menguji coba mobil tersebut dari Depok ke kantor BPPT di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Namun naas, mobil tersebut berhenti di dekat Bundaran Hotel Indonesia (HI). Apalagi, dalam perjalanan uji coba tersebut, Dahlan juga membawa rombongan wartawan.
Dalam uji coba selanjutnya, mobil listrik tersebut juga gagal dalam menembus tanjakan ke Bandung. "Tapi saya tidak boleh menyerah. Saya harus uji coba sebanyak-banyaknya," tambahnya. Keinginan Dahlan sebenarnya cukup sederhana, yaitu ingin menguji coba mobil listrik tersebut sejauh 1.000 km dengan kondisi medan jalan yang berbeda.
Dengan rute sejauh itu, mobil baru bisa dikatakan laik jalan bila tidak mengalami masalah. "Ternyata pas saya selesai uji coba mobil milik Dasep, mobil listrik milik Danet Suryatama juga sudah selesai dibuat prototipe-nya. Maka langsung saya pakai juga," tambahnya.
Mobil listrik jenis "Ferrari" ini pun dibawa keliling Jakarta dan terakhir ingin dibawa ke Surabaya. Namun naas, saat berada di turunan tajam di Plaosan Magetan, mobil tersebut mengalami kecelakaan akibat rem bermasalah.
"Tiba-tiba rem kehilangan daya cengkeramnya. Saya ambil rem di kaki, injak sekuat-kuatnya pun tidak bisa. Akibatnya, mobil menggelinding cepat dan pilihannya saya menabrakkan ke tebing. Itu risiko yang harus saya ambil," tambahnya.
Meski mengalami kecelakaan, Dahlan pun tidak kapok mengemudikan kendaraan tersebut. Dahlan menginginkan agar uji coba yang dilakukannya ini akan menjadi bukti bahwa mobil listrik itu akan bisa dilihat kelayakan jalannya atau tidak. "Saya akan tetap jalan terus," tambahnya.
Selengkapnya, ikuti di topik pilihan:
MOBIL LISTRIK DAHLAN ISKAN

Editor :
Hindra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar